Akreditasi
seringkali menjadi momok bagi warga sekolah. Proses yang berulang
setiap 4 tahun sekali (dulu) dan kini setiap 5 tahun sekali ini,
seringkali menjadi kekhawatiran dan perjuangan panjang bagi sekolah. Hal
ini terkait dengan banyaknya perangkat administrasi dan bukti fisik
yang harus disiapkan. Dengan baru berlalunya proses ini di Sekolah
tempat penulis mengajar, penulis ingin membagi pengalaman melalui
akreditasi sekolah dengan lancar dan sukses.
A.
Persiapkan administrasi mengajar guru minimal 2 bulan
sebelumnya, sehingga maksimal 1 minggu sebelum akreditasi, perangkat
sudah terkumpul.
1. Perangkat yang harus
disiapkan : Silabus dan RPP dari tapel 1 tahun terakhir dan tpel yang
sedang berjalan. RPP dari Tapel yang berjalan harus ada
perbedaan walaupun sedikit, dengan tapel sebelumnya untuk menunjukan
perbaikan.
Semua silabus dan RPP yang diakui hanya yang sudah
ditandatangani guru dan kepala sekolah, serta telah distempel.
2.
Perangkat mengajar dipisahkan antara silabus, RPP, Pemetaan SK-KD,
Pemetaan materi dll, karena akan dihitung porsentasenya.
3.
Untuk perangkat penilaian, usahakan guru selengkap mungkin membuatnya
mulai dari daftar nilai, KKM, analisis UH, contoh soal, program kerja
dan pengayaan, bukti tugas terstruktur dan tidak terstruktur serta UH
siswa yang sudah diberi umpan balik oleh guru dan orang tua siswa serta
mendapatkan tanda tangan dari orang tua.
4.
Untuk akreditasi A, minimal 90% dari guru atau mapel pada semua
tingkatan harus sudah mengumpulkan perangkat di atas ( yang dihitung
hanya yang sudah memenuhi persyaratan).
B.
Persiapkan bukti fisik untuk 8 standar pendidikan yakni :
1. Standar isi : KTSP, pemetaan SK-KD, pemetaan materi dll
yang menyangkut KTSP
2. Standar proses : Silabus model
terbaru, RPP model terbaru, Pemantauan, supervisi, evaluasi, pelaporan
pengawasan, tindak lanjut dll.
3. Standar kompetensi lulusan
4.
Standar Pendidik dan tenaga kependidikan
5. Standar sarana
prasarana
6. Standar pengelolaan
7. Standar
penilaian :
8. Standar pembiayaan
C.
Persiapkan semua bukti fisik yang memungkinkan termasuk:
1.
Foto, CD, hasil karya siswa,
2. Daftar hadir: daftar hadir
harus ada untuk semua kegiatan di sekolah, baik rapat, kegiatan OSIS,
workshop, lomba, pelatihan, bahkan sampai ke daftar hadir upacara.
3.
Dokumentasi lomba, kegiatan, notulen rapat, nota, kuitansi , surat
tugas, ekspedisi, sertifikat, berita acara dll. yang terkait, harus
disiapkan.
4. Semua kegiatan baik akademik dan administratif
harus sudah diprogramkan sebelumya, yang dibuktikan dengan program
kegiatan, pelaksanaan kegiatan dan dilanjutkan dengan laporan dan tindak
lanjut kegiatan.
5. Semua standar bukti fisik semua standar
sudah direkap, dan dihitung persentase masing-masing komponen sebelum
akreditasi dimulai sehingga penilai tinggal mencocokkan saja (tidak
perlu menghitung lagi). Angka harus didukung oleh bukti fisik. Sekali
lagi, untu akreditasi A, usahakan bukti fisik yang memenuhi
persyaratan > 90 %.
6. Pilih Penjawab yang telaten, dan mau
kerja keras sehingga bisa mengumpulkan bukti fisik lebih banyak.
2 / 1 hari sebelum akreditasi atau malam sebelumnya, semua bukti fisik
sudah terkumpul, sudah direkap dan sudah dipersentase.
3.
Paginya tinggal sumonggo….(silahkan ….!)
Terakhir
Berikut ini adalah instrumen instrumen akreditasi SMK 2009.
Silahkan
di download saja bagi SMK SMK yang akan akreditasi,, prosedurnya sudah
jelas dari Badan Akreditasi Sekolah/Madrasah 2009.DOWNLOAD PPdan Permen Akreditasi SMK 2009
DOWNLOAD Instrumen Akreditasi SMK 2009
DOWNLOAD Juknis Pengisian Akreditasi SMK 2009
DOWNLOAD Instrumen Pengumpulan data dan Informasi SMK 2009
DOWNLOAD Penskoran dan pemeringkatan Akreditasi SMK 2009
File file
download diatas ekstensinya dalam bentuk rar. Jadi setelah di download
kemudian di extarct di disk anda. Terima kasih.
Semoga
bermanfaat. Salam by: miarrahman.blogspot.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar