Minggu, 01 Januari 2012

Cara Mudah Menghilangkan Navbar Blogspot / Blogger

Setelah sekian lama "menghilang" dari dunia blogging, akhirnya saya kembali lagi. Kalau dipikir-pikir, postingan saya selalu diawali dengan kata-kata "setelah sekian lama" dan sejenisnya. Hmmm, rasanya harus lebih rajin lagi blogging biar tetap hidup blog ini :D. Oke, karena tidak punya banyak waktu untuk menulis, kali ini saya hanya akan memberikan tutorial sederhana di dunia blogging, yaitu cara mudah untuk menghilangkan Navbar pada blogspot / blogger.

Sebelumnya, sudah tahu kah apa itu navbar? Navbar adalah sebuah bar yang digunakan untuk navigasi pada blogspot / blogger. Biasanya terletak di atas halaman blog (seperti pada gambar di atas). Terkadang, bagi sebagian orang, keberadaan navbar ini terasa annoying (termasuk saya :D). Sayangnya pihak Google tidak menyediakan mekanisme untuk menghilangkan navbar. Untuk itu diperlukan cara manual. Tapi tenang saja, karena caranya sangat mudah. Berikut langkah-langkahnya:
Langkah 1: Buka blogger.com, pilih blog yang anda ingin edit. Kemudian klik Template >> Customize
Langkah 2: Pada Blogger Template Designer, klik Advanced >> Add CSS
Langkah 3: Masukkan code CSS berikut ke dalam Add Custom CSS text area, kemudian klik Apply To Blog

#navbar-iframe {
   display: none !important;
}

Selesai sudah langkah-langkah yang perlu dilakukan. Buka lagi blog anda dan anda tidak akan melihat keberadaan navbar yang annoying lagi :D. Sekian untuk postingan kali ini. Semoga bermanfaat dan tetap semangat dalam berkary.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar